Saya ingin bertanya lewat rubrik konsultasi di Kanal Techno okezone. Kepada pengasuh saya ingin bertanya apa data yang terkena virus dapat dipulihkan kembali?

Terima kasih
Dewi Setya Marinda 35 th.
Jl. Samudra Oxford No.4 RT 03/06 Jakarta-Utara



Jawaban:

Apa data yang kena virus dapat dipulihkan kembali? Sebelum menjawab pertanyaan anda, terlebih dahulu saya akan kembali memberikan informasi mengenai jenis-jenis dari virus atau yang lebih umum disebut dengan malware (malicious software). Dari jenisnya malware atau yang lebih dikenal sebagai virus mempunyai jenis-jenis, antara lain:

- Worm (cacing)
malware jenis ini mempunyai beberapa ciri antara lain: tidak perlu interaksi dari user untuk menularkannya (menyebar otomatis) bersifat menggandakan dirinya di dalam komputer target menyembunyikan file asli atau bahkan merusak file asli dimana worm ini menduplikasi contoh dari malware jenis worm ini adalah : brontok

- virus
malware ini adalah malware klasik, dimana cirinya: memerlukan interaksi user dalam penyebarannya serta memerlukan media pembawa (disket, cd, flash disk, hard disk), misalnya anda mempunyai flask disk yang telah terinfeksi virus di salah satu dokumennya. sebagai contoh file a.doc maka ketika anda membuka file a.doc tanpa adanya anti-virus dikomputer lain maka file a.doc ini akan menularkan dirinya ke dalam komputer dan dapat menginfeksi file lain yang berextension .doc merusak file asli menduplikasi/menggandakan diri. Contoh virus antara lain : virus macro

- Spyware (mata-mata)
adalah software yang digunakan oleh pembuatnya dengan tujuan menggali informasi di dalam komputer yang menjadi targetnya. Malware ini umumnya menempel pada program crack yang sering kita gunakan.

- trojan (kuda trojan)
adalah software yang membuka pintu belakang (backdoor) sehingga secara malware lain dengan secara otomatis dapat masuk ke komputer kita. Contohnya adalah trojan downloader dimana dia akan mendowload suatu program atau malware lainnya ke dalam komputer kita tanpa adanya pemberitahuan.

Kembali ke pertanyaan anda, mungkinkah data dapat dipulihkan kembali?
bisa iya atau bahkan tidak sama sekali, tergantung dari jenis malware yang menyerang. Jika malware yang menyerang hanya menyembunyikan file aslinya tentu tidak akan sulit tetapi jika malware yang menyerang mendelete file asli tentu satu-satunya jalan adalah merecovery harddisk anda.

Virus apa yang sekarang ini suka menyerang PC?
Saat ini varian yang umum menyerang adalah worm dan yang terbaru adalah Worm:W32/Kolab.QA serta Worm:W32/sohanad
Diposting oleh Erwin Bomb

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Klo mau minta tolong bisa ngga???
kalo bisa bantu hub di Prince_Angel_Dante@yahoo.com

8 Maret 2009 pukul 12.33  
Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger template by blog forum